Perhatikan! Ini Bahan Bangunan Lombok yang Berkualitas

Bahan Bangunan Lombok – Membangun rumah bukanlah hal sepele yang bisa dilakukan sembarangan. Hal ini karena rumah adalah tempat bernaung yang seharunya dapat melindungi penghuninya bukan malah membahayakan.

Oleh karena itu pemilihan material yang digunakan dalam membangun sebuah rumah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Selektif memilih material bangunan dapat membuat bangunan Anda lebih kokoh dan juga mampu tetap berdiri tegak hingga beberapa tahun bahkan puluhan tahun. Meskipun biaya pembangunan yang dibutuhkan di awal mungkin lebih besar tapi biaya perawatan dan perbaikan ke depannya bisa lebih ditekan.

Anda tentu tidak ingin bolak-balik renovasi rumah karena ada masalah yang muncul akibat material yang rusak. Nah, maka dari itu simak informasi tentang bahan bangunan rumah tipe 36 di Lombok yang dapat membantu Anda merencakan pembangunan rumah atau bangunan Anda.

Daftar Bahan Bangunan Lombok Berkualitas yang Wajib Anda Tahu

Anda yang tidak punya latar belakang pendidikan teknik sipil maupun arsitektur mungkin kurang begitu paham dengan pemilihan bahan bangunan yang tepat. Oleh karena itu tak jarang Anda meminta informasi pada arsitek, tukang maupun orang lain yang lebih paham dalam bidang ini.

Tapi tak ada salahnya untuk mengetahui apa saja sih kriteria bahan bangunan yang baik agar Anda bisa lebih mengerti serta memudahkan Anda dalam memantau dan mengawasi proses pembangunan rumah ataupun bangunan Anda.

Berikut ini kriteria ataupun ciri-ciri dari bahan bangunan yang baik dan berkualitas untuk menghasilkan bangunan yang kuat dan kokoh:

  1. Pasir

bahan bangunan lombokPasir adalah salah satu bahan bangunan Lombok yang mutlah dibutuhkan dalam sebuah proses pembangunan. Pasir ini digunakan untuk mencampur semen yang kemudian digunakan untuk merekatkan batu bata maupun membuat konstruksi bangunan lainnya.

Pasir yang digunakan untuk pembangunan ini tidak bisa sembarang pasir karena kualitasnya tentu akan mempengaruhi hasil kekuatan bangunan yang dihasilkan.

Pasir yang baik untuk membangun rumah atau bangunan adalah pasir yang bersih dan tidak memilik kandungan lumpur. Adanya kandungan lumpur yang masih melekat pada pasir bsa mempengaruhi jumlah bahan bangunan yang digunakan karena semakin banyak lumpur yang masih tersisa maka penggunaan bahan bangunan lain seperti semen akan menjadi semakin boros.

  1. Semen

Seperti halnya pasir, semen juga menjadi salah satu bahan material utama dalam pembangunan. Semen ini bisa digunakan untuk membuat pondasi, dinding, dan banyak konstruksi lainnya.

Ada banyak sekali jenis semen yang bisa ditemukan di pasaran, tapi Anda perlu tahu semen seperti apa yang kualitasnya baik dan bagus untuk membuat bangunan yang kokoh.

Cara mengenali kualitas semen diantaranya adalah dengan:

  • Pilih semen dengan merk yang terpercaya. Diantara banyaknya merk yang bisa ditemukan coba pilih merk semen yang sudah punya nama dan banyak digunakan oleh kontraktor bangunan.
  • Jangan semata-mata memilih semen X hanya karena faktor harga yang murah, karena kualitas bahan bangunan yang jelek dapat membuat hasil bangunan pun kurang sesuai dengan yang diharapkan.
  • Menekan kemasan semen, apabila terlalu keras berarti semen sudah disimpan dalam jangka waktu lama dan kualitasnya tentu sudah jauh berkurang.
  • Lihat butiran semen setelah dikeluarkan dari kemasan. Semen yang baik seharusnya butirannya akan terurai dan teksturnya lembut menyerupai debu. Jika Anda menemukan gumpalan maka semen tersebut bisa dikatakan kualitasnya kurang baik.
  1. Kayu

bahan bangunan lombok berupa kayuKayu banyak digunakan untuk bahan pintu, jendela maupun bagian konstruksi atap. Secara alami memang kayu bisa lapuk dalam jangka waktu tertentu, tapi semakin bagus kualitas kayu akan semakin lama usia pakainya dan proses pelapukannya pun lebih lambat.

Apabila Anda akan menggunakan kayu sebagai salah satu bahan bangunan Lombok maka pilihlah kayu yang kadar airnya sudah sangat rendah atau bisa dikatakan kayu sudah kering.

Semakin kering kayu maka kemungkinannya untuk lapuk karena jamur akan semakin kecil. Selain itu pilih pula kayu dengan bentuk lurus sempurna, tidak melengkung ataupun bergelombang. Gunakan pula kayu yang keras dengan serat yang bagus. Kayu berkualitas bagus ini bisa tahan hingga berpuluh-puluh tahun tetap kuat dan kokoh.

  1. Besi

bahan bangunan lombok berupa besiBesi digunakan dalam konstruksi untuk memperkokoh bangunan. Besi ini juga menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan bangunan. Besi jenis besi polos banyak digunakan untuk pembuatan berbagai bangunan sederhana.

Besi jenis ini bisa dengan mudah ditemukan dengan ukuran yang bervariasi. Bentuknya pun beragam mulai dari bulat hingga bentuk besi yang pipih. Sebelum memilih besi polos Anda perlu tahu kriterria dari besi yang bagus.

Besi polos yang bagus biasanya berwarna kebiruan ketika masih baru serta besi terasa kaku. Ukurannya pun harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh SNI yaitu 6, 8, 10, 12 dan 14 mm.

  1. Cat

Pengecatan biasanya dilakukan pada tahap akhir pengerjaan bangunan, tujuannya untuk membuat bangunan lebih estetis dan terlihat rapi. Ada banyak jenis cat mulai dari cat dinding interior, cat dinding ekterior, cat tahap air, cat besi, cat kayu dan lainnya.

Penggunaanya pun harus disesuaikan dengan peruntukannya masing-masing karena tiap-tiap jenis cat tersebut dibuat dengan formulasi yang berbeda. Cat dinding eksterior yang baik adalah cat yang punya ketahanan terhadap cuaca di luar ruangan.

Ketahanan ini akan sangat berpengaruh terhadap keindahan dinding meskipun sudah cukup lama. Cat yang baik warnanya tidak mudah pudar meskipun terpapar panas matahari dan hujan.

Selain itu pilih pula cat dengan daya tutup yang luas untuk menghemat penggunaannya. Cat dengan daya tutup luas pun bisa membuat pekerjaan lebih efisien karena pelapisannya tidak perlu terlalu banyak yang tentunya akan memakan lebih banyak waktu.

  1. Plafond

Ada beberapa material yang bisa digunakan untuk pembuatan plafond yang masing-masingnya tentu punya kelebihan dan kekurannya masing-masing. Jika ingin lebih nyaman dan bagus secara estetika maka Anda bisa memilih plafond dari bahan gypsum.

Akan tetapi meskipun secara estetis terlihat lebih bagus, bahan gypsum ini tidak tahan air sehingga jika atap mengalami kebocoran lama-kelamaan plafond Anda bisa rusak. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah plafond dari bahan kalsiboard ataupun eternit nonasbestos yang lebih kuat dan tahan air.

Itu tadi beberapa kriteria bahan bangunan Lombok yang kualitasnya baik. Semakin baik kualitas material bangunan akan semakin baik kualitas bangunannya. Mempunyaibangunan yang kokoh dan dibuat dengan bahan unggulan dapat membantu Anda menghemat biaya pemeliharaan rutin.

Tak perlu sering-sering melakukan renovasi karena keindahan rumah Anda akan terjaga dalam waktu yang lebih lama. Selain pemilihan material tak kalah penting pula untuk memilih tenaga pekerja yang juga terampil sehingga dapat mengolah dan memasang bahan material tadi dengan tepat sesuai dengan perhitungan yang sudah dibuat.

Perpaduan dari bahan dan tenaga berkualitas akan menghasilkan hunian atau bangunan idaman Anda dan keluarga.