Mau Membuat Rumah Minimalis di Lombok? Ini Tipsnya

Membuat Rumah Minimalis di Lombok – Tidak bisa dipungkiri bahwa kota besar seperti Jakarta memiliki daya tarik sendiri untuk mencari penghidupan yang lebih layak.

Banyaknya peluang kerja yang tersedia dan besarnya perputaran uang di sini adalah 2 dari sekian banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan merantau dan bekerja di Jakarta. Status Jakarta sebagai ibukota juga membuatnya tampak semakin menjanjikan.

Tapi cobalah tanya diri Anda sendiri, apakah Anda benar-benar ingin menghabiskan hidup di kota besar yang sesak dan senantiasa terasa sibuk?

Semua orang tentunya ingin memiliki tempat tinggal di tempat yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Pasti tidak sedikit dari Anda yang membayangkan tinggal di sebuah rumah, yang ketika Anda membuka pintu akan tampak pemandangan hijau pegunungan.

Atau mungkin sebagian dari Anda juga membayangkan tinggal di rumah yang membuat Anda bisa mendengar suara debur ombak setiap harinya.

Memiliki rumah dengan suasana seperti yang disebutkan di atas tentu akan sangat menenangkan. Anda dan keluarga dijamin akan terhindar dari stres karena kerasnya kehidupan di kota besar.

Posisi rumah yang dekat dengan gunung juga membuat Anda bisa menyegarkan pikiran kapan saja tanpa harus beranjak terlalu jauh dari rumah. Posisi rumah yang kebetulan dekat dengan objek wisata juga bisa menjadi nilai lebih.

Kondisi tersebut membuat Anda berpeluang membuka usaha yang berkaitan dengan kegiatan pariwisata.

Solusi Tepat Jika Membuat Rumah Minimalis di Lombok

Salah satu solusi untuk mewujudkan hal di atas adalah dengan membuat rumah minimalis di Lombok. Ada banyak alasan yang membuat Anda patut mempertimbangkan Lombok sebagai tempat untuk tinggal dan membangun kehidupan. Alasan-alasan tersebut antara lain adalah:

  • Keindahan Alam Lombok

Tentunya tak ada yang bisa menolak untuk tinggal di kota dengan keindahan alam yang begitu kaya. Itulah alasan pertama yang menjadikan membuat rumah minimalis di Lombok sebagai pilihan yang tepat. Lombok memiliki banyak keindahan alam yang siap dinikmati setiap hari.

Keindahan alam Lombok yang paling terkenal tentu adalah pantainya. Lombok memang memiliki banyak pantai yang masing-masing saling bersaing dalam segi keindahan. Selain pantai, Lombok juga masih memiliki beragam keindahan alam lain.

Ada hutan yang menjadi kawasan taman nasional, air terjun, hingga danau yang membuat hidup Anda akan jauh dari kata membosankan. Semua keindahan alam tersebut bisa Anda jelajahi tanpa batas apabila Anda memutuskan untuk berdomisili di Lombok.

  • Peluang Usaha yang Besar

Keunggulan membuat rumah minimalis di Lombok bukan hanya keindahan alamnya saja. Ada peluang usaha yang cukup besar apabila Anda memutuskan untuk menetap di sini. Anda bisa membuka usaha yang berkaitan erat dengan kegiatan pariwisata di sini.

Seperti diketahui, kegiatan pariwisata Lombok sedang terus menanjak naik beberapa tahun terakhir. Pemerintah dan pihak swasta bahu membahu mengelola kehidupan pariwisata di sini agar bisa menarik semakin banyak wisatawan.

Tak heran bila Lombok selalu ramai oleh wisatawan, bukan hanya pada waktu tertentu melainkan hampir sepanjang tahun.

Kondisi pariwisata Lombok yang seperti ini bisa Anda bidik sebagai peluang usaha. Anda bisa membuka tempat makan yang pastinya akan selalu dicari oleh para wisatawan.

Anda juga bisa menyewakan perlengkapan wisata air, atau bahkan menyewakan beberapa kamar di rumah Anda untuk para wisatawan dengan konsep homestay.

Menjual aksesoris juga bisa menjadi salah satu pilihan yang cerdas. Mulailah dengan memberdayakan diri Anda dan tetangga sekitar untuk membuat aksesoris hand made.

Mengapa Harus Membuat Rumah Minimalis di Lombok?

Rumah minimalis memang tengah menjadi trend belakangan ini. Rumah minimalis tak selalu berkaitan dengan keterbatasan lahan yang bisa digunakan untuk membangun rumah.

Model rumah yang satu ini telah berkembang menjadi semacam gaya hidup yang membuat orang hanya membangun dan menggunakan apa yang benar-benar mereka butuhkan.

Membangun rumah minimalis sama sekali tidak membatasi kesempatan Anda untuk berkreasi di rumah sendiri. Mulai dari model rumah minimalis sederhana 1 lantai Lombok hingga yang terdiri dari beberapa tingkat bisa Anda bangun sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Berapa Ruangan Jika Membuat Rumah Minimalis di Lombok?

Membuat rumah minimalis di Lombok tentunya harus tetap mengedepankan fungsi dari rumah itu sendiri. Anda tentunya tak ingin kegiatan yang berlangsung di rumah hanya sebatas tidur dan beristirahat saja.

Ada beberapa ruangan yang wajib ada di dalam rumah, seperti ruang tamu dengan model minimalis ini cocok menjadi tempat berkumpul Bersama keluarga tercinta. Lalu bagaimanakah seharusnya ruangan-ruangan di dalam rumah minimalis dibangun? Berikut tips membuat rumah minimalis di Lombok yang bisa Anda coba:

  • Ruang Tamu

ruang tamu minimalis lombokRuang tamu hampir selalu menjadi ruang pertama yang dipijak ketika Anda memasuki rumah minimalis. Demi menghemat ruang, beberapa pemilik rumah minimalis biasanya membuat satu ruang yang bisa berfungsi sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Sofa yang ditempatkan pada ruang tamu rumah minimalis biasanya tidak berukuran terlalu besar. Fungsi lebih diutamakan ketimbang model sofa yang dirasa berlebihan dalam bermain-main dengan ukuran.

Namun perlu diingat bahwa hal itu tidak sama dengan mengabaikan keindahan. Usahakan untuk tetap memilih furnitur yang warnanya bisa membaur sempurna dengan warna cat dan furnitur lainnya yang ada di ruangan.

Jika ruang tamu sekaligus difungsikan sebagai ruang keluarga, maka TV juga perlu ditempatkan di ruang tersebut. Menempelkan TV di dinding alih-alih menggunakan meja adalah salah satu cara untuk menghemat ruang. Ruangan jadi bisa terasa lebih luas.

  • Kamar

kamar tidur minimalis lombokTidak ada aturan yang jelas mengenai jumlah kamar yang sebaiknya ada di sebuah rumah minimalis. Jumlah kamar cukup disesuaikan dengan jumlah penghuni yang ada di rumah tersebut. Namun biasanya 2 adalah jumlah kamar yang cukup ideal.

Ukuran kamar di rumah minimalis tidak perlu dibuat terlalu besar. Pemilik rumah hanya perlu memastikan kamar yang dibangun cukup untuk menyimpan kasur, lemari, dan beberapa perabot lain yang memang harus ada di dalam kamar.

Sebisa mungkin hindari penempatan TV di dalam kamar. Selain untuk menghemat energi, keberadaan TV yang hanya 1 di ruang keluarga sesungguhnya bisa menjadi alat yang membuat seluruh penghuni rumah berkumpul dan saling bercengkrama.

Mengingat kamar adalah ruang yang diperuntukkan untuk beristirahat dan tidur, usahakan untuk memilih warna cat yang lembut. Warna-warna lembut akan membuat Anda rileks dan bisa istirahat dengan lebih maksimal.

Jika ingin ruangan terasa lebih luas, Anda bisa mengakalinya dengan menempatkan cermin berukuran agak besar di salah satu sudut ruangan. Kehadiran cermin bisa memberikan efek ruangan terasa lebih lapang.

Cara lain yang bisa digunakan agar kamar terasa lebih luas adalah dengan membuat jendela yang mengarah langsung ke luar. Hal tersebut juga berguna untuk memastikan kamar Anda mendapat asupan sinar matahari dan sirkulasi udara yang bagus pada siang hari.

  • Dapur

desain dapur lombokSelain ruang tamu dan ruang keluarga, dapur juga menjadi ruangan yang wajib ada di dalam sebuah rumah. Dalam sebuah rumah minimalis, biasanya meja makan juga akan turut ditempatkan di dapur.

Maka dari itu perlu dipastikan ukurannya cukup untuk menempatkan meja makan untuk 2 hingga 4 orang tanpa mengganggu kenyamanan aktifitas dapur lain seperti memasak.

Penggunaan kabinet dan rak gantung adala solusi terbaik mengatasi keterbatasan ukuran ruang di dapur. Kedua benda tersebut bisa digunakan untuk menyimpan berbagai perabot dapur.

Bahkan tak jarang pula ada yang meletakkan makanan di dalam kabinet karena aman dari gangguan semut atau serangga dapur lainnya seperti kecoa.

  • Kamar Mandi

Model rumah minimalis sama sekali bukan alasan untuk mengabaikan unsur kesehatan, misalnya dengan membuat MCK yang layak. Kamar mandi di dalam sebuah rumah minimalis sebetulnya sederhana saja, sebagaimana standar MCK di tempat-tempat lain. Standar tersebut antara lain ada sumber air mengalir, ada kakus, saluran pembuangan airnya lancar, dan juga bersih.

Anda bisa menciptakan kesan unik di dalam kamar mandi Anda dengan menempatkan beberapa detail yang alami. Misalnya mengganti lantai keramik dengan batu-batu sungai berukuran kecil yang permukaannya sudah dihaluskan.

Anda juga bisa berkreasi dengan memainkan bentuk bak mandi. Hal yang terpenting adalah tetap memerhatikan unsur fungsi dan kebersihannya.

  • Teras Rumah

teras rumah lombokTeras memang bukan sesuatu yang wajib ada di setiap rumah. Namun tentu akan menyenangkan jika memiliki teras untuk sekedar berdiri menikmati udara pagi atau bercengkrama bersama keluarga di sore hari. Teras rumah Lombok, misalnya, bisa digunakan untuk menatap keindahan gulungan ombak di kejauhan.

Ukuran teras rumah tidak perlu terlalu besar, cukup sesuaikan dengan sisa lahan yang Anda miliki. Anda bisa menempatkan beberapa kursi dan sebuah meja kecil untuk bersantai di teras.

Jika kebetulan teras Anda aman dari tempias air hujan, maka teras juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan rak sepatu.

Pilihan Tipe Rumah Minimalis di Lombok

Membuat desain bentuk rumah sendiri memang menyenangkan. Sayangnya kita seringkali dibatasi oleh kemampuan desain dan dana untuk mewujudkannya.

Saat ini cara paling masuk akal bagi masyarakat kelas menengah untuk memiliki rumah adalah dengan cara membeli secara kredit.

Kebanyakan rumah yang bisa dibeli dengan cara kredit adalah rumah yang dibangun di dalam komplek perumahan oleh para developer.

Rumah-rumah di perumahan sudah memiliki panduan desain khusus sehingga Anda tinggal memilih unit yang dirasa sesuai. Tak perlu khawatir karena sebagian besar developer telah memahami model rumah minimalis yang memang tengah digemari masyarakat.

Bagi Anda yang masih merasa bingung untuk memutuskan, berikut adalah beberapa tipe jika ingin membuat rumah minimalis di Lombok yang bisa Anda pilih:

  1. Tipe 21

rumah minimalis tipe 21 di lombokSesuai namanya, luas bangunan pada rumah tipe 21 hanya 21 meter persegi. Luas tersebut hanya memungkinkan ada 1 kamar tidur di dalam rumah. Oleh karenanya rumah ini sangat pas bagi Anda yang masih hidup sendiri atau pasangan muda yang belum memiliki anak.

Selain 1 kamar tidur, rumah minimalis tipe 21 Lombok memiliki satu ruang tanpa sekat yang sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Satu kamar mandi berukuran kecil akan ditempatkan di bagian belakang rumah.

Cara mengakali kekurangan ruangan pada rumah tipe 21 adalah dengan membuat rumah menjadi tingkat. Dengan demikian akan ada cukup ruang untuk lebih dari 2 orang di dalam rumah.

  1. Tipe 36

rumah minimalis tipe 36 di lombokRumah tipe 36 Lombok adalah salah satu tipe rumah minimalis yang paling banyak ditemukan di perumahan-perumahan kelas menengah Indonesia.

Sesuai namanya, total luas bangunan yang ada adalah 36 meter persegi. Ukuran yang cukup ideal untuk dihuni 3 sampai 4 orang anggota keluarga.

Rumah tipe 36 memiliki 2 kamar. Rumah tipe ini juga sudah memungkinkan Anda untuk memiliki ruang keluarga yang terpisah dengan ruang tamu. Hanya saja ukuran dari kedua ruangan tersebut mungkin sangat terbatas.

Inilah waktunya mengeluarkan kreatifitas Anda untuk bermain-main dengan pemilihan dan penempatan furnitur.

  1. Tipe 45

rumah minimalis tipe 54 di lombokRumah minimalis tipe 45 Lombok terdiri dari 2 jenis. Ada yang memiliki 2 kamar dan ada juga yang memiliki 3 kamar. Jika hanya terdiri dari 2 kamar, maka Anda masih akan memiliki sedikit sisa lahan untuk membuat taman belakang.

Kalau tidak mau repot tentu Anda bisa menggunakan jasa tukang bangunan Lombok yang Anda percayai.

Rumah minimalis tipe 45 memungkinkan Anda memiliki ruang makan yang terpisah dari dapur atau ruang keluarga. Ukuran dapur juga sudah cukup lumayan untuk Anda yang memang banyak melakukan aktifitas di sini.

Keunggulan lain dari tipe ini adalah teras dan taman kecil di bagian depan rumah. Jika memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menghilangkan taman dan menggantinya menjadi sebuah garasi.

  1. Tipe 54

rumah minimalis tipe 54 di lombokMemiliki rumah minimalis tipe 54 Lombok memungkinkan Anda untuk menempatkan cukup banyak furnitur di dalamnya. Total luas bangunan 54 meter persegi memang terhitung cukup luas, apalagi bila hanya ditempati oleh keluarga dengan 2 atau 3 orang anak. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan prinsip rumah minimalis.

Model minimalis tidak melulu mengenai bangunan. Furnitur yang ditempatkan di dalamnya juga sebaiknya hanya yang benar-benar berfungsi. Anda bisa mengakali kesan kosong pada ruang utama dengan menambah beberapa hiasan dinding atau vas bunga.

Memilih cat berwarna agak gelap juga cenderung membuat ruangan terasa tidak terlalu luas dan kosong.

Selain rumah tipe 54 yang terdiri dari 1 lantai, beberapa developer juga mengembangkan tipe 54 yang terdiri dari 2 lantai. Jika memiliki 2 lantai, maka akan ada 2 kamar tidur di lantai bawah dan 1 kamar tidur di lantai atas.

Selain kamar, lantai atas juga akan memiliki 1 ruang lagi yang bisa difungsikan sebagai ruang keluarga atau ruang tamu tambahan.

  1. Tipe 60

rumah minimalis tipe 60 di lombokRumah minimalis tipe 60 Lombok adalah tipe rumah terakhir yang bisa dikategorikan sebagai rumah minimalis. Sesuai namanya, luas bangunan pada tipe ini adalah 60 meter persegi. Mungkin akan terlalu luas bagi keluarga yang belum memiliki anak. Rumah ini memang bisa dihuni oleh sekitar 3 sampai 5 orang.

Pada umumnya rumah tipe 60 memiliki 4 kamar tidur. Ukuran rumah yang cukup luas juga memungkinkan pemisahan secara menyeluruh antara ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Ruang keluarga akan memiliki ukuran yang paling luas di antara keempat ruangan tersebut.

Seperti halnya rumah tipe 54, tipe 60 bisa dibuat menjadi 1 lantai maupun 2 lantai. Namun pada umumnya sudah terdiri dari 2 lantai. Akan ada 2 kamar tidur di lantai bawah dan 2 kamar tidur di lantai atas. Sisa ruangan di lantai atas sangat bisa dimanfaatkan menjadi ruang keluarga atau disekat-sekat lagi menjadi ruang kerja.

Sebetulnya tipe rumah apapun yang Anda pilih tak akan menghalangi kreatifitas Anda dalam penataan ketika membuat rumah minimalis di Lombok. Jika ada ruang yang terasa terlalu besar, misalnya, Anda bisa membuat sekat sendiri dengan menggunakan lemari buku atau barang-barang lain.

Sementara bila ukuran ruang terlalu sempit Anda jadi bisa bermain-main dengan penempatan furnitur dan juga penggunaan cermin.

Hal menyenangkan lain ketika menata rumah adalah bermain-main dengan warna. Saat ini bukan hal yang mengherankan jika setiap ruangan di dalam rumah memiliki warna dinding yang berbeda.

Hanya saja Anda harus tetap cermat dalam menentukan warna yang akan digunakan. Hindari menggunakan warna terlalu gelap pada ruangan yang sempit. Sebaliknya, hindari penggunaan warna terlalu cerah pada ruang yang terasa luas.

Warna terlalu gelap pada ruangan sempit akan menjadikan ruangan terasa penuh dan sesak. Penggunaan warna cerah yang netral adalah pilihan terbaik. Warna putih memang bisa menimbulkan kesan lebih luas pada ruangan.

Sementara penggunaan warna terlalu cerah pada ruang luas akan membuatnya tampak terlalu luas. Jika penataan furnitur kurang tepat, dikhawatirkan hal tersebut membuat ruangan terasa teralalu kosong.

Sebaiknya pilih warna biru, hijau, atau kuning yang agak gelap. Jangan lupa menambahkan hiasan gantung atau hiasan dinding agar ruangan jadi tampak lebih berisi.

Pilihan Bentuk Atap Rumah Minimalis Lombok

Namun tahukah Anda bahwa atap rumah sangat berpengaruh terhadap tampilan rumah Anda secara keseluruhan? Dunia arsitektur modern memang membuat atap rumah tidak hanya sekedar berfungsi untuk melindungi rumah tapi juga menambah nilai seninya.

Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan membuat rumah minimalis di Lombok, berikut adalah beberapa bentuk atap rumah minimalis Lombok yang kami rekomendasikan:

  1. Multi Sisi

bentuk atap rumah minimalis lombokAtap multi sisi merupakan salah satu yang cukup umum dipakai di Indonesia. atap akan dibuat mengikuti bentuk ruangan yang ada. Jika Anda memiliki rumah berbentuk segi empat, maka atap rumah akan memiliki 4 sisi, jika ruanganya segi 6, maka atapnya juga aka berbentuk segi 6. Bentuk atap ini akan sangat menarik diterapkan pada rumah minimalis dengan bentuk ruangan yang inkonvensional.

  1. Kontemporer

Anda tentu sudah banyak mendengar istilah kontemporer belakangan ini. Kontemporer identik dengan sesuatu yang modern, dan ternyata bisa juga berlaku untuk urusan bentuk atap rumah.

Rumah-rumah dengan desain kontemporer biasanya memiliki bentuk atap yang unik, misalnya datar atau hanya miring di satu sisi. Tak masalah untuk berkreasi sesuak Anda selama atap masih tetap pada fungsi utamanya untuk melindungi rumah.

  1. Atap Joglo

Atap rumah joglo yang bagian tengahnya lebih tinggi dari sisi kiri dan kanan juga bisa Anda terapkan pada rumah minimalis Anda. Pemilihan bentuk atap joglo ini bisa membuat rumah Anda tampak berkarakter di antara rumah-rumah lainnya.

Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat atap rumah berbentuk joglo adalah genteng.

Itulah beberapa tips membuat rumah minimalis di Lombok yang bisa Anda coba. Jangan bosan berhenti berkreasi demi mewujudkan hunian ideal fungsi Anda sendiri.

Ingatlah selalu bahwa yang terpenting dari sebuah rumah adalah kemampuannya untuk membuat semua penghuni rumah merasa nyaman dan aman tinggal di dalamnya.

Apapun yang Anda lakukan demi menambah unsur keindahan di dalam rumah, jangan lupa untuk tetap mempertimbangkan unsur kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga yang menjadi penghuni rumah.