Ini Dia 7 Model Rumah Idaman Lombok Yang Wajib Anda Tiru

Gaya arsitektur rumah kian berkembang dari masa ke masa. Permasalahan manusia terkait kebutuhan tempat tinggal yang kondusif serta arsitektur yang tak sekedar bangunan untuk melindungi penghuni rumah, namun juga visual serta keindahan rumah membuat desain arsitektur kian berkembang. Kini, kita bisa melihat beragam model rumah idaman Lombok yang dipengaruhi zaman.

Ciri khas sebuah era turut mencakup selera pemilik rumah masing-masing. Model rumah yang beragam ini membuat kita memiliki semakin banyak opsi tentang seperti apa hunian tempat tinggal yang akan dibuat.

Setidaknya ada 7 model rumah dengan gaya arsitektur populer dari masa ke masa. Berikut adalah penjelasannya satu per satu.

7 Model Rumah Idaman Lombok Masa Kini

  1. Gaya Arsitektur Mediteranian

model rumah idaman lombokGaya arsitektur satu ini biasanya akan diaplikasikan pada wilayah tropis yang cuacanya panas serta mendapat paparan sinar matahari sepanjang tahun. Inspirasinya terutama dari gaya arsitektur Spanyol, Italia serta Portugal.

Arsitektur gaya Mediteranian mulai dikenalkan pada 1918 serta populer di tahun 1940an. Elemen utamanya ialah atap keramik dengan warna merah yang diambil dari gaya arsitektur khas Spanyol serta Meksiko.

Atap rumahnya sendiri umumnya dibuat dari tanah lait serta batu bata yang dibentuk menjadi setengah tabung, sehingga akan memudahkan air turun serta memastikan sirkulasi udaranya lancar.

Pengaplikasian dinding plester akan turut dilakukan supaya rumah tahan akan paparan sinar matahari, hujan maupun cuaca panas.

  1. Gaya Arsitektur Rumah Kontemporer

model rumah idaman minimalis lombokModel rumah idaman Lombok selanjutnya adalah gaya arsitektur kontemporer yang sudah berkembang sejak abad ke-21. Tanpa adanya gaya dominan, gaya arsitektur kontemporer cenderung memiliki variasi gaya yang disesuaikan keinginan serta kreativitas dari masing-masing arsitek.

Teknologi mutakhir dimanfaatkan agar bangunan bergaya arsitektur kontemporer tampak kokoh serta kuat menahan cuaca dibanding rumah yang biasa dibangun pada abad ke-20.

Bantuan komputer akan membuat tiap detail konstruksi bangunan dibuat secara cepat serta akurat. Elemen utama yang dihadirkan terutama ialah pemanfaatan material yang dapat didaur ulang serta tidak membahayakan lingkungan.

  1. Gaya Arsitektur Mid Century

model rumah idaman masa kini di lombokGaya arsitektur satu ini termasuk dalam model rumah yang biasa didesain serta dibangun antara tahun 1945 hingga 1980an.

Arsitektur rumah ini sendiri awalnya diyakini menjadi solusi bagi penciptaan perubahan sosial serta berujung pada lingkungan masyarakat yang lebih baik lagi.

Gaya ini memiliki arsitektur khusus berupa ruang terbuka, jendela kaca besar serta dibangun pada lahan datar dan model bangunannya pun datar.

Rumah yang mengusung gaya arsitektur mid century akan memberi kesan kesederhanaan sekaligus terintegrasi dengan alam.  Selain itu, gaya arsitektur ini akan mencerminkan rumah yang memberi kesan mewah. Jika ingin membangun rumah seperti ini serahkan pada jasa tukang bangunan Lombok yang Anda percaya, agar Anda puas setelah menerima hasilnya.

  1. Gaya Arsitektur Rumah American Craftsman

desain rumah idaman 2 lantai di lombokModel rumah idaman terbaru Lombok selanjutnya adalah sebuah gaya arsitektur yang dinamai American Craftsman. Gaya arsitektur ini pertama kali diperkenalkan firma arsitektur Greene and Greene asal Amerika Serikat.

Arsitekturnya memiliki keunikan tersendiri dari segi nilai estetika disertai fungsi, detail bangunan yang rinci serta penggunaan bahan-bahan baku alami.

Karakteristiknya adalah lantai dengan ruang terbuka, atap model gable yang diklaim tahan akan perubahan cuaca, beranda besar dari kayu, detail menarik serta warna natural untuk eksterior maupun interiornya. Selain itu, seringkali rumah dengan gaya arsitektur American Craftsman akan menggunakan detail yang terbuat dari besi.

  1. Gaya Arsitektur The Colonial

model rumah idaman sederhana lombokBisa dikatakan kalau gaya arsitektur The Colonial merupakan salah satu gaya arsitektur terpopuler di Amerika Serikat. Gaya ini diadaptasi dari pengaruh arsitektur Eropa abad ke-18.

Di masa itu, ada banyak masyarakat Eropa melakukan migrasi serta membangun rumah dengan gaya arsitektur khas Eropa namun disesuaikan kondisi lingkungan dan cuaca setempat di Amerika Serikat.

Ciri-ciri arsitekturnya adalah bentuk simetris maupun persegi dengan karakteristik khusus berupa pintu masuk ada di tengah bagian depan. Arsitekturnya turut mencakup dua jendela masing-masing di sisi kiri serta kanan pintu masuk, serta beberapa jendela di lantai dua serta satu jendela besar persis di atas pintu masuk.

Atapnya memiliki kemiringan sedang dan ada tangga setelah pintu masuk yang mengarah ke bagian tengah lantai dua.

  1. Gaya Arsitektur Victorian

model rumah idaman terbaru di lombokArsitektur rumah Victorian didesain serta dibangun pada tahun 1830, tepat di masa pemerintahan Ratu Victoria di Inggris. Gaya arsitektur Victoria terbilang sebagai yang terpopuler di abad ke-19 sampai dengan awal abad ke-20. Desain rumah idaman 2 lantai Lombok ini sendiri memiliki beberapa karakteristik khusus.

Di antaranya adalah bangunan terdiri dari dua hingga tiga lantai, jendela kaca patri yang besar, atap yang curam dan ubin dibuat dari tanah liat.

Ciri khas lainnya ialah bentuk bangunan asimetris serta dekorasi antik dengan warna-warna yang cerah. Gaya rumah Victoria juga termasuk rumah mewah karena ukurannya besar dan menampilkan kesan megah.

  1. Gaya Arsitektur The Federal

model rumah minimalis lombokGaya arsitektur satu ini populer pada akhir abad ke-18 dan menjadi evolusi dari gaya Georgian yang sangat identik dengan masyarakat Eropa. Gaya ini disebut federal karena di masa arsitektur rumah ini populer, sistem pemerintahan di Amerika Serikat yang sedang berkembang adalah sistem federal.

Arsitektur ini banyak mengadaptasi arsitektur khas Romawi serta Yunani. Karakteristik utamanya adalah bentuk persegi panjang atau persegi, terdiri dari dua atau tiga lantai serta masing-masing lantai memiliki dua kamar. Jumlah lantai antara dua dan tiga membuatnya bisa dikategorikan sebagai rumah mewah.

Ragam model rumah idaman sederhana Lombok juga seringkali dibedakan berdasarkan tipenya. Tipe ini didasarkan atas ukuran kavling. Ada tipe 21/24, 36, 45, 54, 60, 70 hingga 120.

Umumnya tipe rumah yang seringkali dijadikan tempat tinggal adalah tipe 36 ke atas. Sementara tipe 21/24 yang terkecil hanya akan dijadikan investasi untuk dijual kembali atau menjadi tempat tinggal sementara.

Permintaan pasar yang tertinggi memang adalah rumah tipe 21 dan 36. Keluarga kecil bisa menempati rumah tipe 36, namun apabila sudah mulai ada pertambahan jumlah anggota keluarga, bisa digunakan tipe 45 ke atas. Sementara untuk rumah tipe 120 sudah tergolong dalam rumah mewah karena ukurannya besar.

Kita bisa memilih model rumah idaman minimalis di Lombok sesuai keinginan, kebutuhan serta ketersediaan dana masing-masing.

Tiap tipe yang berbeda tentu akan membutuhkan dana yang tak sama. Sebagai contoh, rumah tipe 21 akan jauh lebih murah dibanding tipe 70, namun ukurannya juga lebih kecil dan ruang geraknya sangat terbatas.

Rumah model Victoria dan Mediterania tergolong dalam rumah mewah dengan dua sampai tiga lantai, menjadikannya diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas hingga kalangan kelas atas.

Sudah pasti harganya mahal, walau interiornya juga luas dan ada lebih banyak ruangan di dalamnya. Sesuaikan tipe dan model rumah yang diinginkan dengan budget yang tersedia agar sesuai dengan ketersediaan dana masing-masing.