Rumah Model Terbaru di Lombok, Nomor 2 Paling Populer Lho

Ada beragam tipe rumah yang bisa dipilih sebelum kita membeli atau membangun rumah sendiri. Aneka rumah model terbaru di Lombok bisa dibedakan menjadi rumah tipe 21, tipe 36, tipe 45, tipe 54, tipe 60, tipe 70 dan tipe 120.

Jenis tipe rumah ini akan diambil dari luas rumah tersebut. Makin besar angkanya maka semakin besar juga luas rumahnya. Untuk rumah tipe 36 misalnya akan memiliki luas 36 meter persegi, sementara rumah tipe 54 memiliki luas 54 meter persegi.

Faktor penentu luas rumah ialah kavling perumahan tempatnya dibangun. Masing-masing tipe tentunya memiliki karakteristik, kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Karakteristik dari masing-masing tipe rumah berasal dari segi dimensi bangunan, kebutuhan ruang, hingga konsep dari rumah itu sendiri. Tipe rumah biasanya akan jadi pertimbangan pertama sebelum seseorang memutuskan untuk membeli atau membangun rumah.

Makin besar rumah akan bisa menampung lebih banyak anggota keluarga. Pasangan yang baru menikah mungkin akan memilih tipe terkecil sembari menabung untuk mendapat tipe rumah yang lebih besar.

Sementara keluarga yang sudah berkecukupan serta memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari lima orang dapat memilih tipe yang terbesar. Berikut adalah penjelasan dari satu per satu tipe rumah yang umum ditemukan di Indonesia.

Tipe dan Model Rumah Terbaru di Lombok

  1. Tipe 21/24

rumah model terbaru di lombokLuas bangunan dari rumah tipe ini ialah 21 sampai dengan 24 meter persegi. Tipe rumah ini ialah yang terkecil dibanding semua model rumah yang terbaru yang biasa ditemukan di perumahan. Tipe rumah ini biasanya akan dibangun di kavling yang lebarnya 3 hingga 4 meter dengan ukuran 3×7 meter ataupun 4×6 meter.

Tipe rumah ini memang sangat sederhana. Ruangan-ruangan yang ada di dalamnya umumnya hanyalah satu kamar tidur serta dapur yang terpisah di halaman belakang.

Tipe rumah ini kadang tidak hanya ditinggali namun juga diinvestasikan sebagai rumah sewa. Ukuran serta harga yang murah menjadikannya pilihan tepat untuk menyewakannya.

Sebagai tempat tinggal, rumah tipe 21 kebanyakan dipilih oleh mereka yang masih hidup sendiri ataupun pasangan yang baru menikah. Harga yang terjangkau membuatnya jadi pilihan pertama bagi seseorang yang baru akan memiliki tempat tinggal sendiri.

Namun, sangat jarang rumah tipe ini digunakan untuk tempat tinggal permanen dalam jangka waktu lama. Biasanya, penghuni rumah tipe 21 akan pindah dan mencari rumah tipe yang lebih besar agar dapat mengakomodasi kebutuhannya secara lebih baik, terutama apabila sudah memiliki cukup modal. Rumah model terbaru di Lombok ini memang lebih cocok menjadi rumah kost dibanding hunian jangka panjang karena kurang bisa memenuhi kebutuhan penghuni dalam waktu lama.

  1. Tipe 36

model rumah terbaru type 36 di lombokTipe ini bisa dibilang sebagai tipe yang paling banyak dibangun pengembang perumahan. Peminatnya sangat banyak. Rumah model terbaru di Lombok type 36 dibangun di atas kavling dengan lebar 6 meter serta berukuran 6×6 meter persegi.

Ruangan-ruangan yang bisa ditemukan di dalamnya adalah dua kamar tidur, dapur serta kamar mandi. Rumah ini terbilang sederhana serta paling pas bagi pasangan yang baru menikah maupun keluarga kecil.

Tidak hanya itu, rumah tipe ini juga terbilang paling cocok bagi mereka yang hendak melakukan investasi pada bidang properti. Harganya tak terlalu tinggi dan ukuran rumahnya sendiri tidak terlalu besar sehingga terbilang pas untuk beragam kebutuhan.

Alasan lain mengapa rumah tipe 36 seringkali dijadikan investasi properti ialah karena permintaannya cukup tinggi. Ini membuatnya akan lebih mudah dijual di kemudian hari. Keuntungan yang didapat juga akan memuaskan mengingat harga properti yang selalu naik dari tahun ke tahun.

Baik sebagai investasi maupun tempat tinggal pribadi, rumah tipe 36 terbilang sama-sama idealnya. Tidak heran jika rumah tipe ini adalah yang paling banyak dibangun oleh pihak pengembang perumahan.

Tidak sulit mencari perumahan yang menyediakan rumah tipe ini di kluster-klusternya. Dari segi harga, rumah tipe 36 juga terbilang tak terlalu tinggi. Ini terutama karena tipe ini adalah kedua terkecil setelah tipe 21.

  1. Tipe 45

model rumah idaman terbaru di lombokKeluarga kecil yang ingin memiliki model rumah idaman terbaru dengan luas yang memadai, bisa pilih rumah model terbaru di Lombok tipe 45 ini. Tipe rumah ini biasanya jadi alternatif pengganti untuk tipe rumah 36.

Pilihan tipe rumah ini biasanya akan digemari masyarakat kelas menengah karena spesifikasi luas yang terbilang lebih baik dibanding tipe 36.

Keduanya pun sama-sama memiliki dua kamar tidur dan berdiri di atas kavling selebar 6 meter. Bedanya, desain rumah dengan tipe 45 ini akan memiliki ukurna 6×7.5 meter persegi. Dari segi luas tapak, halaman rumah tipe 45 memang lebih lapang dibanding rumah tipe 36.

Jika rumah tipe 21 dan tipe 36 lebih banyak dijadikan sebagai pilihan investasi, maka tipe rumah 45 justru banyak dipilih sebagai hunian bersama seluruh anggota keluarga. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa rumah tipe 45 menyediakan ruang gerak yang lebih leluasa.

Kita bisa memasukkan lebih banyak barang ataupun menampung lebih banyak anggota keluarga di dalamnya. Harganya tak jauh beda dari tipe 36, sehingga rumah tipe ini menjadi alternatif pengganti yang sesuai.

Rumah tipe 45 terutama bisa ditinggali oleh keluarga kecil dengan dua orang anak. Sebagai investasi, rumah tipe 45 juga dapat digunakan mengingat permintaannya yang cukup tinggi di pasaran.

  1. Tipe 54

model rumah terbaru satu lantai di lombokTipe rumah 54 seringkali jadi pilihan bagi masyarakat kelas menengah ataupun kelas menengah ke atas. Model rumah terbaru satu lantai Lombok ini memiliki ukuran proporsional yaitu 9×6 meter persegi. Ada total tiga kamar di dalamnya sehingga cocok bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga lebih banyak.

Tipe rumah ini juga terkenal karena memiliki luas ruang serta tapak yang lebih lebar. Tipe 54 bisa jadi pilihan bagi keluarga besar dengan tiga orang anak.

Ruang gerak di dalam rumah akan lebih leluasa dan jumlah kamar yang lebih banyak membuatnya bisa mengakomodasi lebih banyak penghuni. Rumah tipe ini juga dapat dijadikan investasi walau tak sepopuler rumah tipe lainnya yang lebih kecil.

  1. Tipe 60

rumah model terbaru minimalis di lombokRumah tipe 60 termasuk dalam tipe rumah yang besar serta lebih ditujukan bagi kalangan menengah sampai menengah ke atas. Tipe rumah ini memiliki luas bangunan 60 meter persegi dan ada 3 kamar tidur di dalamnya. Bahkan, kadang masih ada tambahan 1 kamar tidur untuk asisten rumah tangga.

Dimensinya adalah 6×10 meter persegi. Kavlingnya memiliki ukuran panjang yang kurang memadai, sehingga tipe rumah ini seringkali dibangun sebagai rumah 2 lantai.

Lantai 2 bisa difungsikan sebagai kamar-kamar untuk para penghuni rumah, sementara lantai 1 digunakan untuk ruangan-ruangan yang digunakan bersama, seperti dapur, ruang makan, ruang tamu dan ruang keluarga.

Rumah model terbaru minimalis Lombok tipe 60 ini cocok bagi keluarga besar atau keluarga yang sudah memiliki cukup dana dalam membeli maupun membangun rumah dengan tipe 60. Luasnya terbilang memadai dan menyediakan ruang gerak yang cukup bagi seluruh anggota keluarga di dalamnya.

Harga yang tinggi akan berbanding lurus dengan kenyamanan yang didapat. Tidak jarang rumah dengan tipe yang besar seperti ini akan turut dilengkapi garasi serta taman di halaman belakang atau depan rumah.

Kita akan bisa memarkirkan mobil dengan mudah dan merawat kebun di sela-sela kegiatan sehari-hari, terutama apabila kita gemar kegiatan berkebun.

  1. Tipe 70

model rumah tipe 70 di lombokRumah tipe 70 memiliki luas yang memadai untuk tempat tinggal keluarga dari kalangan menengah sampai menengah ke atas. Keluarga yang jumlah anggotanya cukup banyak juga bisa menempati rumah tipe ini.

Pasalnya, walau jumlah kamar sama seperti rumah tipe 60, desain serta perbedaan kebutuhan dari penghuni kadang membuat mereka lebih menyukai rumah tipe 70.

Tipe rumah ini sendiri seringkali memiliki 4 kamar tidur. Dimensinya bervariasi mulai 7×10 meter sampai 5×14 meter. Karena luasnya ini, seringkali rumah tipe 70 akan dibangun menjadi rumah 2 lantai. Pembangunan rumah 2 lantai ini juga seringkali digunakan sebagai salah satu trik mengakali luas kavling.

  1. Tipe 120

model rumah tipe 120 di lombokTipe rumah terakhir ialah tipe rumah terbesar, yaitu tipe 120. Rumah tipe ini masuk dalam kategori rumah mewah dan diperuntukkan bagi masyarakat kelas atas. Luas bangunannya mencapai 120 meter persegi dan dimensinya cukup bervariasi, mulai dari 10×12 meter persegi maupun 8×15 meter persegi.

Biasanya, rumah model terbaru di Lombok ini dibangun dengan lebih dari satu lantai serta jumlah kamarnya bervariasi tergantung dari kebutuhan si pemilik rumah. Tipe rumah yang luas serta besar seperti ini sekaligus akan memungkinkan pengembang dalam mengeksplorasi desain dengan beragam gaya arsitektur.

Misalnya adalah gaya Mediteranian atau gaya Victorian yang menunjukkan kemegahan rumah. Bisa juga dengan gaya industrial, modern hingga kontemporer.

Tips Memilih Tipe Rumah

Dalam pemilihan tipe rumah, kita perlu memahami kebutuhan masing-masing agar bisa mendapatkan tipe rumah paling tepat. Kita mungkin akan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti cat rumah model terbaru, rumah model terbaru di Lombok, model rumah modern di Lombok dan adanya garasi dan taman maupun hal-hal lain. Di samping itu, hal lain yang harus jadi pertimbangan saat memilih rumah ialah tujuan penggunaannya.

Apakah kita akan membeli rumah sebagai investasi properti atau memang ingin mendiaminya? Jika tujuan pembelian rumah adalah sebagai investasi, maka pilih tipe rumah yang kecil seperti tipe 21/24 dan 36.

Harganya terjangkau dan sangat mudah untuk dijual kembali. Sementara apabila tujuan pembelian rumah adalah untuk dihuni bersama keluarga, maka tipe yang cocok adalah tipe 36 atau 45.

Jika kita hendak membeli rumah model terbaru di Lombok tipe 21 atau 36 sebagai tempat tinggal, maka pastikan luas kavling masih memungkinkan untuk dilakukan pengembangan maupun renovasi rumah. Penambahan luas maupun lantai rumah akan perlu dilakukan apabila ada anggota keluarga tambahan.

Tipe rumah umumnya berisi klasifikasi rumah berdasar ukuran luas bangunan. Walau demikian, jangan lupakan beberapa aspek penting lain dalam memilih tempat tinggal idaman.

Di antaranya adalah lokasi rumah, spesifikasi bahan bangunan rumah, lingkungan sekitar rumah dan beragam hal-hal penting lainnya.

Ini akan mempengaruhi kenyamanan saat kita tinggal di rumah tersebut. Apalagi, rumah ialah salah satu kebutuhan mendasar dan akan ditinggali dalam jangka waktu lama atau bahkan seumur hidup.